Home > Dailly, Islam > Buah Kebeningan Hati

Buah Kebeningan Hati

Orang yang bening hati, akal pikirannya pun akan jauh lebih jernih. Baginya tidak ada waktu untuk berfikir jelek sedetikpun jua. Apalagi berfikir untuk mendzalimi orang lain, sama sekali tidak terlintas dibenaknya. Waktu baginya sangat berharga. Mana mungkin sesuatu yang berharga digunakan untuk hal-hal yang tidak berharga? Sungguh suatu kebodohan yang tidak terkira. Karenanya dalam menjalani setiap detik yang dilaluinya ia pusatkan segala kemampuannya untuk menyelesaikan setiap tugas hidupnya. Tak berlebihan jika orang yang berbening hati seperti ini akan lebih mudah memahami setiap permasalahan, lebih mudah menyerap aneka ilmu pengetahuan, dan lebih cerdas dalam melakukan beragam kreatifitas pemikiran. Subhanallah, bening hati ternyata telah membuahkan aneka solusi optimal dari kemampuan akal pikirannya.

Walhasil, orang yang telah tertata hatinya adalah orang yang telah berhasil merintis tapak demi tapak jalan ke arah kebaikan. Tak mengherankan ketika ia menjalin hubungan dengan sesama manusia pun menjadi sesuatu yang teramat mengesankan. Hatinya yang bersih membuat terpancar darinya akhlak yang indah mempesona, rendah hati dan penuh dengan kesantunan. Siapa pun yang berjumpa akan merasa kesan yang mendalam. Siapa pun yang bertemu akan memperoleh aneka manfaat kebaikan, bahkan ketika berpisah sekali pun, orang seperti ini menjadi buah kenangan yang tak mudah dilupakan.

Dan, Subhanallah, lebih dari semua itu, kebeningan hati pun ternyata dapat membuat hubungan dengan Allah menjadi luar biasa manfatnya. Dengan berbekal keyakinan yang mendalam, mengingat, dan menyebut-Nya setiap saat, meyakini dan mengamalkan ayat-ayat-Nya, membuat hatinya menjadi tenang dan tenteram. Konsekuensinya, dia pun menjadi lebih akrab dengan Allah, ibadahnya lebih terasa nikmat dan lezat. Begitu pula doa-doanya menjadi luar biasa mustajabnya. Mustajabnya doa tentu akan menjadi solusi bagi beragam persoalan hidup yang dihadapinya. Dan yang paling luar biasa adalah karunia perjumpaan dengan Allah Azza wa jalla di akhir kelak. Allahu Akbar.

Pendek kata orang yang bersih hati itu luar biasa nikmatnya, luar biasa bahagianya, dan luar biasa mulianya. Tidak hanya di dunia ini, tapi juga di akhirat kelak. Tidak rindukah kita memiliki hati yang bersih? (K.H Abdullah Gymnastiar)

Categories: Dailly, Islam Tags:
  1. May 17th, 2010 at 13:19 | #1
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.6.3 on Windows Windows XP

    sy sangat setuju….didalam tubuh manusia ada segumpal daging, apabila daging tersebut baik maka baiklah seluruh tubuh manusia tsb. subbhanallah…..

  2. May 17th, 2010 at 13:24 | #2
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.6.3 on Windows Windows XP

    @vida : yup.. betul banget.

  3. June 9th, 2010 at 10:47 | #3
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 3.6.3 on Windows Windows XP

    Setuja ehh setuju… Membersihkan hati itu hukumnya wajib….

  1. No trackbacks yet.

*

Bad Behavior has blocked 74 access attempts in the last 7 days.