Home > Hacking, Informasi, Informatika, Internet > Penetrasi Website Pemerintah

Penetrasi Website Pemerintah

November 12th, 2008 Leave a comment Go to comments

Akhir-akhir ini marak pemberitaan yang mengaitkan dengan hacker, cracker, ataupun yang berbau carding. Hasil penetrasi yang dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok dan Β berhasil masuk ke dalam situs pemerintahan Indonesia. Beberapa situs yang memang mempunyai bug berhasil disusupi, deface, dan kegiatan lainnya yang merugikan berbagai pihak terutama pihak pemerintah. Sebagai contoh situs *.go.id dideface oleh seseorang yang menggunakan identitas broken_hack ataupun #yogyacarderlink. Anda tahu mereka? πŸ˜›

Salah siapa? Tentu saja salah sang admin yang tidak selalu mengikuti perkembangan dunia teknologi informasi. Jarang update web, ataupun jarang membaca informasi tentang bug-bug baru yang berkembangannya sangat signifikan. Hal ini membuat para hacker, cracker ataupun carder terpancing untuk mencoba menembus sistem mereka.

Sebagai sang admin harusnya peka terhadap perkembangan tersebut. Apalagi sebagai admin website pemerintahan, yang telah dibayar mahal untuk mengamankan sistem tapi malah tidak mau mengikuti perkembangan informasi. Fasilitas dari pemerintah seperti internet ada, gaji pastinya gede dan fasilitas lain yang jauh dari cukup. Ah…. namanya juga manusia yang tak luput dari kekurangan. Tapi kalau sampai berminggu bahkan berbulan bulan dikasih tahu ke sang admin tentang bug di website mereka, dan sampai saat ini belum di’patch’. Kebangeten nggak sih? πŸ˜€

Weblog saya ini juga pernah menjadi korban kegitanan hacking. Beberapa minggu yang lalu, ada salah satu plugin blog ini terdapat bug nya, sehingga sang hacker melakukan penetrasi. Alhamdulillah nggak sampai sehari, saya disable tu plugin. πŸ™‚

Nah, kita dapat mengambil hikmah dibalik kejadian ini bahwasanya kita wajib belajar dan belajar. Selalu update informasi. Serta bisa menjadi orang yang amanah dalam mengemban tugas dari siapapun. Bisa menempatkan mana yang seharusnya menjadi kewajiban dan mana yang haknya.

  1. November 16th, 2008 at 15:29 | #1
    Using Debian IceWeasel Debian IceWeasel 2.0.0.10 on Debian GNU/Linux Debian GNU/Linux

    Okey dech Mas Wiwin….. sharing ilmunya donk…… yang keamanan-keamanan sistem gitu. Mas Wiwin khan jagonya.

  2. November 17th, 2008 at 01:25 | #2
    Using Opera Opera 9.24 on Windows Windows XP

    weleh… Ilmu opo mas. Wah nek masalah gt saya belum tahu mas. Hiks, masih cupu. Mending sinau sama pak Firrar Utdirartatmo, dimana beliau ya?

  3. November 17th, 2008 at 01:26 | #3
    Using Opera Opera 9.24 on Windows Windows XP

    Weks! Njenenangan pake Debian po. Keren iks. Aku wee make Windows kie….

  4. November 17th, 2008 at 08:25 | #4
    Using Debian IceWeasel Debian IceWeasel 2.0.0.10 on Debian GNU/Linux Debian GNU/Linux

    Menurut kabar burung yang tidak terlalu bisa dipertanggungjawabkan keakuratannya, Pak Firrar saat ini tinggal di Jerman. Tapi maaf, itu info 2 tahun yang lalu πŸ˜€ jadi…… kayaknya semakin tidak akurat infonya.
    Hiya neeh, baru kesengsem sama keluarga Debian πŸ˜€ BTW Bu Debi sekarang di mana ya?? ( gak nyambung ya? ). Ehm…. Slackware juga dikit-dikit, tapi……. kayaknya saya newbie forever :)) Mohon para Master sudi membimbing ( ben koyo film silat jaman disik ).

  5. November 17th, 2008 at 09:06 | #5
    Using Opera Opera 9.51 on Windows Windows XP

    Iya, terakhir tahun berapa gt (2006 kalee) beliau ke Jerman.
    Wah kalau saya baru sekali nyoba Debian. Kemarin. Hohoooho, mak nyus….
    Kalau bu Debi masih ngajar kayaknya. Mantap lah beliau tu, nek ngajar pokokmen jelas banget. Salah satu dosen favorite. πŸ™‚
    Newbie tapi lama kelamaan jadi master. πŸ™‚ InsyaAllah. tak dongakke. Masterbasi po? Wes ra jaman mas, saiki jamane wes modern. Kekkekeke.

  6. mbah suro
    November 25th, 2008 at 21:43 | #6
    Using Mozilla Firefox Mozilla Firefox 2.0.0.16 on Windows Windows XP

    Mas Wiwin numpang ngiyup……. mbaca postingan njenengan babar blas ora paham bab lstilah IT, maklum mbah gaptek banget, wis gak apa-apa itung-itung sinau.
    Matur nuwun panjenengan sudah mau mampir ke gubugnya mbah suro.

  1. No trackbacks yet.

*

Bad Behavior has blocked 80 access attempts in the last 7 days.